Pengantar Bisnis (Motivasi Kerja)



A.    Pengertian
Motivasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas mereka. Motivasi merupakan kondisi psikologis yang merupakan hasil dari interaksi antara kebutuhan seseorang dan factor-faktor luar yang memengaruhi perilaku seseorang untuk bertindak dan berusaha. Aspek utama yang berhubungan dengan motivasi adalah factor kebutuhan.

B.     Teori-Teori Motivasi
1.       Teori X dan Y
Teori ini dikembangkan oleh Mc Gregor. Menurutnya manusia dapat dikategorikan dalam kelompok X dan Y yang memiliki karakteristik berbeda sehingga memerlukan cara motivasi yang berbeda juga.
Manusia tipe X memiliki cirri-ciri :
·         Tidak menyukai pekerjaan dan sebisa mungkin menghindari pekerjaan
·         Lebih memberikan respon terhadap ancaman dan hukuman
·         Menghindari tanggung jawab
·         Selalu ingin diarahkan dan mendapatkan jaminan keselamatan dan kenyamanan pekerjaan mereka
Manusia tipe Y memiliki ciri-ciri:
·         Mampu menikmati pekerjaan yang mereka lakukan
·         Memiliki pengendalian diri dan mampu mengatur pekerjaan mereka
·         Memiliki respon positif terhadap imbalan, bukan pada ancaman dan hukuman
·         Menerima tanggung jawab
·         Memiliki inisiatif dan kreatifitas dalam bekerja

2.      Teori Hirarki Kebutuhan manusia
Maslow mengemukakan bahwa manusia memiliki lima kebutuhan yang bertingkat. Kebutuhan manusia menurut Maslow bersifat hirarkis (bertingkat) yaitu:
§  Kebutuhan fisiologi, yaitu kebutuhan manusia yang paling dasar untuk dapat bertahan hidup.
§  Kebutuhan keamanan dan keselamatan, yaitu kebutuhan manusia dari rasa takut dan khawatir terhadap bahaya yang akan menimpanya.
§  Kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan manusia untuk melakukan interaksi dengan orang lain sebagai bagian dari makhluk sosial.
§  Kebutuhan akan penghargaan, yaitu kebutuhan manusia akan penghargaan yang diberikan orang lain terhadap sesuatu yang berhubungan dengan dirinya baik tentang  pribadi maupun kegiatan yang dilakukan.
§  Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk bertindak sesuai kemauan dan bakat yang dimiliki.

3.      Teori Hirarki Kebutuhan Aldelfer (Teori ERG)
Menurut Aldelfer, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu:
§  Exixtence, yaitu kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kemampuan bertahan hidup manusia.
§  Relatedness, yaitu kebutuhan manusia sebagai bagian dari makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dan sosialisasi dengan orang lain agar dapat diterima oleh masyarakat.
§  Growth, yaitu kebutuhan manusia untuk mengembangkan dirinya sebagai seorang individu Yng berbeda dengan lainnya sesuai dengan keinginan.

4.      Teori Dua Faktor
Herzberg mengemukakan bahwa ada dua factor yang berpengaruh terhadap ketidakpuasan dan puasan karyawan yang akan berpengaruh terhadap motivasi kerja mereka.
Faktor yang memengaruhi ketidakpuasan disebut factor lingkungan, seperti: gaji, kondisi kerja, status, jaminan kerja, dll. Sedangkan factor yang memengaruhi kepuasan berasal dari dalam diri karyawan, seperti : isi pekerjaan, imbalan intrinsic, maupun kesempatan untuk bekerja dengan kreatif sesuai kemauan karyawan.

5.      Teori Tiga Kebutuhan (Mc Clelland)
Menurut Mc Clelland, manusia memiliki tiga kebutuhan yang dipelajari dan berkembang dalam diri mereka. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan akan kekuasaan, kebutuhan akan afiliasi,dan kebutuhan akan prestasi.

6.      Teori Penguatan (BF Skinner)
Menurut  Skinner, perilaku  manusia  dikendalikan  oleh  konsekuensi yang mengikutinya. Jika  konsekuensi  tersebut menyenangkan,  maka manusia  akan termotivasi  untuk melaksanakan  dan  mengulang perilaku  yang  sama. Namun apabila konsekuensi  yang akan  diterima tidak menyenangkan  maka orang  akan berusaha untuk menghindarinya.

7.      Teori Penetapan Tujuan
Motivasi  seseorang  akan  meningkat jika  seseorang  mampu  memahami tujuan  yang   akan  dicapai   dan  melihat  keterkaitan   tujuan  tersebut   dengan kepentingan pribadi  karyawan. Semakin sulit  tujuan akan  semakin menantang dan memotivasi karyawannya.

8.      Teori Keadilan
Seseorang   akan   termotivasi   apabila  menganggap   bahwa   apa   yang diterima   dirasakan    telah   adil    dengan   apa   yang    dia   lakukan    ataupun dibandingkan  dengan  yang diterima  oleh  orang  lain.  Perasaan  adil dalamdiri karyawan  mendorong  karyawan  untuk   termotivasi  bekerja. 

9.      Teori Penghargaan
Teori   ini   menyatakan   bahwa  orang-orang   termotivasi   bekerja   untuk mendapatkan  imbalan   yang  mereka   inginkan  dan   bahwa  mereka  percaya mereka mempunyai  kesempatan untuk  meraihnya. Contohnya:  karyawan yang sudah  berwisata  akan  lebih  termotivasi  untuk  bekerja  apabila  dalam  system imbalan  yang   diterima   mencantumkan  paket   liburan  dibandingkan   dengan imbalan lainnya.

C.    Pengelolaan Motivasi Karyawan
Perusahaan dapat menggunakan beberapa cara  untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan yaitu:
§  Melalui komunikasi yang efektif.
§  Pemberdayaan karyawan.
§  Pengelolaan pengerjaan dan variasi pekerjaan.
§  Mengenalkan jiwa kewirausahaan.


Komentar