A.
Pengertian
Motivasi
merupakan sesuatu hal yang sangat penting pengaruhnya terhadap kinerja karyawan
dalam melaksanakan tugas mereka. Motivasi merupakan kondisi psikologis yang
merupakan hasil dari interaksi antara kebutuhan seseorang dan factor-faktor
luar yang memengaruhi perilaku seseorang untuk bertindak dan berusaha. Aspek
utama yang berhubungan dengan motivasi adalah factor kebutuhan.
B.
Teori-Teori
Motivasi
1. Teori X dan Y
Teori
ini dikembangkan oleh Mc Gregor. Menurutnya manusia dapat dikategorikan dalam
kelompok X dan Y yang memiliki karakteristik berbeda sehingga memerlukan cara
motivasi yang berbeda juga.
Manusia
tipe X memiliki cirri-ciri :
·
Tidak menyukai pekerjaan dan sebisa
mungkin menghindari pekerjaan
·
Lebih memberikan respon terhadap ancaman
dan hukuman
·
Menghindari tanggung jawab
·
Selalu ingin diarahkan dan mendapatkan
jaminan keselamatan dan kenyamanan pekerjaan mereka
Manusia tipe Y memiliki
ciri-ciri:
·
Mampu menikmati pekerjaan yang mereka
lakukan
·
Memiliki pengendalian diri dan mampu
mengatur pekerjaan mereka
·
Memiliki respon positif terhadap
imbalan, bukan pada ancaman dan hukuman
·
Menerima tanggung jawab
·
Memiliki inisiatif dan kreatifitas dalam
bekerja
2. Teori
Hirarki Kebutuhan manusia
Maslow
mengemukakan bahwa manusia memiliki lima kebutuhan yang bertingkat. Kebutuhan
manusia menurut Maslow bersifat hirarkis (bertingkat) yaitu:
§ Kebutuhan
fisiologi, yaitu kebutuhan manusia yang paling dasar untuk dapat bertahan
hidup.
§ Kebutuhan
keamanan dan keselamatan, yaitu kebutuhan manusia dari rasa takut dan khawatir
terhadap bahaya yang akan menimpanya.
§ Kebutuhan
sosial, yaitu kebutuhan manusia untuk melakukan interaksi dengan orang lain
sebagai bagian dari makhluk sosial.
§ Kebutuhan
akan penghargaan, yaitu kebutuhan manusia akan penghargaan yang diberikan orang
lain terhadap sesuatu yang berhubungan dengan dirinya baik tentang pribadi maupun kegiatan yang dilakukan.
§ Kebutuhan
aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk bertindak sesuai kemauan dan bakat yang
dimiliki.
3. Teori
Hirarki Kebutuhan Aldelfer (Teori ERG)
Menurut
Aldelfer, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu:
§ Exixtence,
yaitu kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kemampuan bertahan hidup
manusia.
§ Relatedness,
yaitu kebutuhan manusia sebagai bagian dari makhluk sosial yang membutuhkan
interaksi dan sosialisasi dengan orang lain agar dapat diterima oleh
masyarakat.
§ Growth,
yaitu kebutuhan manusia untuk mengembangkan dirinya sebagai seorang individu
Yng berbeda dengan lainnya sesuai dengan keinginan.
4. Teori
Dua Faktor
Herzberg
mengemukakan bahwa ada dua factor yang berpengaruh terhadap ketidakpuasan dan
puasan karyawan yang akan berpengaruh terhadap motivasi kerja mereka.
Faktor
yang memengaruhi ketidakpuasan disebut factor lingkungan, seperti: gaji,
kondisi kerja, status, jaminan kerja, dll. Sedangkan factor yang memengaruhi
kepuasan berasal dari dalam diri karyawan, seperti : isi pekerjaan, imbalan
intrinsic, maupun kesempatan untuk bekerja dengan kreatif sesuai kemauan
karyawan.
5. Teori
Tiga Kebutuhan (Mc Clelland)
Menurut
Mc Clelland, manusia memiliki tiga kebutuhan yang dipelajari dan berkembang
dalam diri mereka. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan akan kekuasaan,
kebutuhan akan afiliasi,dan kebutuhan akan prestasi.
6. Teori
Penguatan (BF Skinner)
Menurut Skinner,
perilaku manusia dikendalikan
oleh konsekuensi yang
mengikutinya. Jika konsekuensi tersebut menyenangkan, maka manusia
akan termotivasi untuk
melaksanakan dan mengulang perilaku yang
sama. Namun apabila konsekuensi
yang akan diterima tidak
menyenangkan maka orang akan berusaha untuk menghindarinya.
7.
Teori Penetapan Tujuan
Motivasi seseorang akan
meningkat jika seseorang mampu
memahami tujuan yang akan
dicapai dan melihat
keterkaitan tujuan tersebut
dengan kepentingan pribadi
karyawan. Semakin sulit tujuan
akan semakin menantang dan memotivasi
karyawannya.
8.
Teori Keadilan
Seseorang akan termotivasi
apabila menganggap bahwa
apa yang diterima dirasakan
telah adil dengan
apa yang dia
lakukan ataupun
dibandingkan dengan yang diterima
oleh orang lain.
Perasaan adil dalamdiri karyawan mendorong
karyawan untuk termotivasi
bekerja.
9.
Teori Penghargaan
Teori ini menyatakan
bahwa orang-orang termotivasi
bekerja untuk mendapatkan imbalan
yang mereka inginkan
dan bahwa mereka
percaya mereka mempunyai
kesempatan untuk meraihnya.
Contohnya: karyawan yang sudah berwisata
akan lebih termotivasi
untuk bekerja apabila
dalam system imbalan yang
diterima mencantumkan paket
liburan dibandingkan dengan imbalan lainnya.
C.
Pengelolaan Motivasi Karyawan
Perusahaan dapat menggunakan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam
bekerja. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan yaitu:
§ Melalui komunikasi yang efektif.
§ Pemberdayaan karyawan.
§ Pengelolaan pengerjaan dan variasi pekerjaan.
§
Mengenalkan jiwa
kewirausahaan.
Komentar
Posting Komentar