KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Segala puji bagi Allah
swt. yang telah memberikan saya kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah
ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikannya
dengan baik. Shalawat serta salam kita curahkan kepada baginda tercinta kita
yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini disusun
agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “ Perangkat Pembangun Komputer “. Makalah
ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan, baik itu yang datang dari
diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Tuhan, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini
dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca,
walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun
membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun.
Terima kasih.
Kendari, November 2019
Penyusun,
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR........................................................................................................
DAFTAR ISI......................................................................................................................
BAB I. PENDAHULUAN.................................................................................................
1.1. Latar Belakang.........................................................................................................
1.2. Rumusan Masalah....................................................................................................
1.3. Tujuan......................................................................................................................
BAB II. PEMBAHASAN..................................................................................................
2.1 Komponen Utama
Pembangun Komputer...............................................................
2.2 Pengertian Hardware................................................................................................
2.3 Jenis-Jenis Hardware................................................................................................
2.4 Macam-Macam Hardware........................................................................................
2.5 Pengertian Software.................................................................................................
2.6 Contoh Software......................................................................................................
2.7 Jenis-Jenis Software.................................................................................................
2.8 Software Berbayar dan
Bebas..................................................................................
2.9 Pengeertian Brainware..............................................................................................
2.10
Komponen Brainware.............................................................................................
Bab III. PENUTUP.............................................................................................................
3.1. Kesimpulan..............................................................................................................
3.2. Saran........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kemajuan teknologi pada Era Globalisasi
saat ini sudah sangat berkembang pesat, kebutuhan akan teknologi computer sudah
menjadi kebutuhan bagi orang banyak, karena akan sangat membantu
efisiensi dan efektivitas kegiatan hidup manusia, terutama pada kalangan
eksekutif. Komputer adalah suatu alat elektronika yang mempunyai kemampuan
untuk melakukan perhitungan dan membuat keputusan logika dengan waktu yang jauh
lebih cepat dari yang dapat dilakukan manusia.
Teknologi komputer yang kita kenal
tidak terlepas dari dua komponen yaitu : hardware (perangkat
keras) dan software (perangkat lunak) yang saling berkaitan
dan mendukung satu sama lain. “Komputer memproses data dengan menggunakan
kendali dari sekumpulan instruksi yang disebut dengan program komputer.Program
computer ini memandu kerja dari komputer yang secara berstruktur yang disusun
oleh orang yang disebut programmer.Berbagai peralatan terdapat di dalam suatu
system komputer yang disebut dengan perangkat keras( hardware atau sering
disingkat h/w), di antaranya adalah keyboard, monitor, disk, memory, dan CPU.
Sedangkan program untuk menjalankan suatu computer disebut perangkat lunak
(software atau disingkat s/w).dengan demikian system computer terdiri dari
perangkat keras dan perangkat lunak serta manusia yang mengoperasikan maupun
yang memprogramnya (brainware atau sering disingkat b/w)” (Julio, 2011)
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa saja komponen utama pembangun komputer
2.
Apa Pengertian Hardware
3.
Apa saja Jenis-Jenis Hardware
4.
Apa saja macam-macam Hardware
5.
Apa pengertian Software
6.
Apa saja contoh software
7.
Apa saja jenis-jenis software
8.
Bagaimana software berbayar dan bebas
9.
Apa pengertian brainware
10. Apa saja Komponen
brainware
1.3
Tujuan
Pembuatan makalah ini bertujuan
untuk menambah wawasan para pembaca, agar nantinya dapat menngetahui beberapa jenis dan serta fungsi dari Perangkat
Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan User (Brainware).
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Komponen Utama
Pembangun Komputer
Sebuah sistem biasanya terdiri dari beberapa komponen
yang membentuk satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama. Begitu juga dengan
sistem komputer. Agar sebuah komputer dapat dioperasikan, paling tidak komputer
tersebut memiliki beberapa komponen utama yang saling terikat satu sama lain. Ketiga
komponen utama tersebut terdiri dari perangkat keras (Hardware), perangkat
lunak (Software), dan manusia/pengguna (Brainware).
Jika salah satu dari ketiga komponen utama tersebut tidak tersedia, maka bisa
dipastikan sebuah komputer tidak dapat beroperasi sesuai dengan yang
diharapkan.
2.2 Pengertian Hardware
Pengertian dari
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat
keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan
perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan
dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti
oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai
kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri
dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila
salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya
proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk
dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
2.3 Jenis-Jenis Hardware
Perangkat Hardware terdiri atas 3
jenis, yaitu:
1. Perangkat
masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik
berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input
misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. Perangkat
keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan
data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat
pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah
data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit)
dan juga mikroprosesor.
2.4
Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware)
1.
CPU
(Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU
berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan
penyimpanan data.
2.
Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar
dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3.
Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun
perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol
fungsi lainnya.
4.
Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam
memproses data atau mengedit data.
5.
Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data
(output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6.
Floppy
Disk
Floppy Disk (Disket) merupakan media
penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat
kecil, hanya sekitar 1,44 mb. Dengan perkembanagn tekonologi yang pesat seperti
sekatang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi bagi file/data yang
berukuran besar. Sebab telah terdapat harddisk atau flashdisk yang ukurannya
cukup besar. Walaupun demikian, perangkat ini masih saja dipakai untuk
keperluan penyimpanan data berukuran ringan.
7.
Headphone
Headphone merupakan perangkat keras untuk menghasilkan
suara. Berfungsi untuk menghasilkan suara untuk didengar secara pribadi setelah
dihubungkan pada speaker.
8.
Speaker
Speaker yaitu salah satu perangkat yang terbuat dari
logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker ini memiliki peranan yang
penting dalam mengeluarkan suatu hasil pemrosesan berupa suara.
Speaker ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya jika di
dukung oleh suatu perangkat yang bernama sound card.
9.
Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam
kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk
sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui
saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai
penyimpan sistem operasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa
gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat
diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
11. USB Flasdiks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling
digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang
kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah
menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang
portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas
maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang
kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
2.4 Pengertian Software
Nama lain dari software disebut
juga perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak sifatnya
pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah
komponen yang nyata yang dapat disentuh oleh manusia, maka software atau
perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik,
software memang tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Software (perangkat lunak) adalah
sekumpulan data elektronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa
program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah .
Perangkat Lunak adalah istilah umum untuk data
yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program
komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis
oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak terwujud.
Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
2.5 Contoh Software
Ada beberapa
contoh perangkat lunak :
·
Perangkat lunak aplikasi (application software) pengolah
kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran
seperti openOffice.org.
·
System operasi (operating system) misalnya Windows seven,
linux.
·
Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development
tool) seperti kompilator untuk bahasa pemograman tingkat tinggi seperti
pascal dan bahasa pemograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
·
Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu
penghubung antara perangkat keras pembantu dan komputer adalah software
yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu pengguna
barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
·
Perangkat lunak menetap (fimware) seperti yang di
pasang pada jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
·
Perangkat lunak bebas (free libre software) dan perangkat
lunak sumber terbuka
·
Perangkat lunak gratis
·
Perangkat lunak pengrusak
2.6
Jenis – Jenis Software
Software secara garis besar dapat di bagi
menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software:
1.
OS (Operating sytem )
OS adalah software yang pertama kali harus diinstal
ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS yaitu mengelola hardware dan software
yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara
aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah
aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan akan di sampaikan ke OS
terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS di sampaikan ke hardware. Misalkan kita
memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft word. Perintah itu akan di
sampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows,
Macintosh, Linux, dan lain lain. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan
dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih banyak yang digunakan oleh
masyarakat karena kemudahannya dalam mengoperasikan dan merawatnya.
2.
Aplikasi atau program
Software ini di buat untuk tujuan
tertentu. Maksud lain dari penciptaan software ini adalah untuk mempermudah
pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu
pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat di bagi menjadi menjadi
beberapa macam berdasarkan fungsinya, yaitu:
a.
Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen
seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini
anatara lain; Microsoft Word, Open Office, Writer dan sebagainya.
b.
Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka
dalam bentuk table dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft
Excel, Open Office, Calc, Lotus dan sebagainya.
c.
Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat
presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open
Office, Impreaa, Macromedia Flas Mx, dan sebagainya.
d.
Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar
dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Photoshop dan
sebagainya.
e.
Program akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai di dalam
dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi
contohnya Daceasy Accounting, Pacioli 2000, Peachtree Accounting.
f.
Program statistic
Program statistic merupakan program yang
digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistic
contohnya SAS, SPSS, dan sebagainya.
g.
Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah program yang
digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lainnya. Contohnya
Carboncopy, Data Fax dan sebagainya.
h.
Multimedia
Multimedia adalah software yang digunakan
untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video,
kamera digital, video player contohnya Microsoft Video.
i.
Game
Game merupakan program untuk menjalankan
permainan. contohnya Baseball dan sebagainya.
j.
Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan
untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang
sedang dipakai contohnya Smadav dan Avira.
Dalam aplikasi ada istilah paket program.
Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari
beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Ms. Word, Ms.
Excel, Ms. Power Point, dan lain-lain. Perlu diketahui juga bahwa sebuah
aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu. Microsoft office yang
hanya bisa diinstall di OS windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa
diinstall di beberapa OS contohnya; Mozila Firefox.
3.
Bahasa pemograman
Software in digunakan untuk membuat aplikasi.
Pengguna aplikasi ini biasanya disebut sebagai programmer.
Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; bahasa Assembly, bahasa fortran dan
bahasa generasi ke empat. Bahasa pemograman yang biasanya dipakai saat ini
adalah bahasa tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih
mudah dipahami karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggris. Contoh
software ini adalah; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dan sebagainya.
2.7
Software Berbayar dan Bebas
Software atau perangkat lunak komputer
berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam yaitu software
berbayar, dan software gratis. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan aplikasi tersebut dengan cara membeli atau mebayar pada pihak
yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin
pada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya System Mocrosoft
Windows, Office, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah
perangkat lunak komputer berhak cipta gratis di gunakan tanpa batasan waktu,
berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah
jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para
pengembang perangkat gratis freeware “untuk di sumbangkan ke komunitas” namun
juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan
memiliki control terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan
sebagai program apapun yang didistribusikan secara gratis tanpa biaya tambahan.
Contoh utamanya adalah Suite Browser dan Mail Client dan Mozilla News juga
didistribusikan di bawah GPL (free software).
Free software lebih mengarah kepada bebas
penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya karena bebas untuk
mencoba perangkat lunak sumber terbuka dan di sanalah letak inti
dari kebebasan; program – program di bawah GPL sekali diperoleh dapat disalin,
dimodifikasikan dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak
mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu
keluar dari lisensi, kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan
perangkat lunak, termasuk freeware, shareware, atau adware. Klasifikasi ini
memperngaruhi cara di mana program dipasarkan dan independen dari lisensi
perangkat lunak dimana mereka berasal.
Perbedaaan yang nyata antara free
software dan freeware dapat dilihat dari konflik yang muncul dalam arti kata
free dalam bahasa inggris yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena
itu dan seperti yang disebutkan di awal free software tidak perlu bebas sama
seperti freeware tidak harus gratis.
Share ware juga bebas tetapi lebih dibatasi
untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik
sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur tau fungsi terbatas atau
dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian
memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum memberi dan
kemudian membeli versi lengkap dari program tersebut. Sebuah contoh yang sangat
jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak anti virus.
2.8 Pengertian Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam
kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat
diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi
kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya
brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat
dimanfaatkan secara maksimal.
2.9
Komponen Brainware
Komponen Brainware
pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1.
Operator
Operator Komputer bertanggung jawab untuk
mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengankomputer. Operator harus
mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun
olehProgrammer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat
memodifikasi program sebelumatau selama program itu berjalan.
2.
Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung
jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahankomputer. Seorang
Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting
dansebagainya.Teknisi memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang
yang di dalami yaitu:Network Engineer, adalah orang yang merancang
teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Diabertanggungjawab untuk
mengembangkan metode-metode baru dalam menghasilkan sesuatu yangberguna untuk
bidang networking.Hardware Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk
mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware,
sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologiyang lebih baik dari
sebelumnya.Software Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk
mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software
(aplikasi, driver, maupun sistem operasi).
3.
Trainer
Trainer adalah seorang Brainware yang
mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, danBrainware ini
bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4.
Konsultan
Konsultan adalah Brainware yang bertanggung
jawab layaknya seorang penasehat handal di dalambidangnya.
5.
Project Manager
Project Manager adalah Brainware yang
bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan di suatuproject tertentu.
Sering disebut juga Mandor di proyek pembangunan.
6.
Programmer
Programmer adalah seseorang yang bertugas
membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuanmenguasai salah satu atau
banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga
dapatmemudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya Programmer
juga bisa dikatakansebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang
dibutuhkan pada sistem komputerisasiyang akan dirancang.
7.
Graphic Designer
Graphic Designer seorang Brainware yang
berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal-halberbau desain grafis
serta membuat suatu objek animasi.
8.
Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang
sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Diabertanggung jawab atas semua
hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
9.
Database Administrator
Database Administrator, adalah orang yang
mengelola sebuah sistem database di dalam suatu sistemtertentu.
10.
System Analis
System Analis adalah Brainware yang bertanggung
jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisasuatu program yang akan dibuat
maupun sudah jadi. Merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dansistem yang
paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang
sistem analisharus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis,
manajerial, dan interpersonal (berkomunikasidengan orang lain). Kemampuan
analisis memungkinkan seorang sistem analis untuk memahami perilakuorganisasi
beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam
mengidentifikasikemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian
permasalahan. Keahlian teknis akan membantuseorang sistem analis untuk memahami
potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorangsistem analis
harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem
operasi,serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu
seorang sistem analis untukmengelola proyek, sumber daya, risiko, dan
perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu systemanalyst dalam
berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan
programer, administratordan profesi sistem lainnya.
11.
System Administrator
System Administrator, adalah orang yang
bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yangdirancang oleh System
Analist dan dibuat oleh Programmer
12.
Database Engineer
Database Engineer, adalah orang yang merancang
sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapatmengakomodir kebutuhan
pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.
13.
System Integrator
System Integrator, adalah orang yang membangun
sistem komputer yang telah dirancang oleh SystemAnalyst dan mengintegrasikan
sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun di kemudian hari.
14.
Network Designer
Network Designer, adalah orang yang merancang
sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkansebuah jaringan komputer yang
efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan bebanpengeluaran
untuk membangunnya.
15.
System Auditor
System Auditor, dan orang yang bertugas
mengaudit sebuah sisem komputerisasi dan menemukankelemahan-kelemahan sebuah
sistem komputerisasi, sehingga hasil audit tersebut dapat digunakan
untukmengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.
16.
User
User, pemakai atau pengguna dalam sebuah
jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi,atau surat elektronik
(e-mail).
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1. Hardware
atau perangkat keras komputer adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
2.
Software atau perangkat lunak computer
adalah sekumpulan data
elektronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi
yang akan menjalankan suatu perintah .
3. User
atau brainware adalah setiap orang
yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data.
Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi
kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer.
4. Ketiga
komponen hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat
atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika satu komponen saja tidak
terpenuhi, maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa beroperasi.
Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronika
yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen lainnya, yaitu software dan
brainware.
3.2 Saran
Disarankan
mempelajari hardware dengan kemampuan yang maksmal agar dapat menggunakan komputer
dan lebih menguasainya. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dan softwarenya
dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas
bangsa bukannya untuk menghancurkan moral moral bangsa.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar