MAKALAH TI "Perangkat Pembangun Komputer"

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Segala puji bagi Allah swt. yang telah memberikan saya kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Shalawat serta salam kita curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “ Perangkat Pembangun Komputer “. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan, baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca, walaupun  makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun.
Terima kasih.


Kendari,  November 2019


Penyusun,


DAFTAR PUSTAKA

KATA PENGANTAR........................................................................................................  
DAFTAR ISI......................................................................................................................
BAB I. PENDAHULUAN.................................................................................................
1.1.  Latar Belakang.........................................................................................................
1.2.  Rumusan Masalah....................................................................................................
1.3.  Tujuan......................................................................................................................
BAB II. PEMBAHASAN..................................................................................................
2.1  Komponen Utama Pembangun Komputer...............................................................
2.2  Pengertian Hardware................................................................................................
2.3  Jenis-Jenis Hardware................................................................................................
2.4  Macam-Macam Hardware........................................................................................
2.5  Pengertian Software.................................................................................................
2.6  Contoh Software......................................................................................................
2.7  Jenis-Jenis Software.................................................................................................  
2.8  Software Berbayar dan Bebas..................................................................................
2.9  Pengeertian Brainware..............................................................................................
2.10 Komponen Brainware.............................................................................................
Bab III. PENUTUP.............................................................................................................
3.1.  Kesimpulan..............................................................................................................  
3.2.  Saran........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kemajuan teknologi pada Era Globalisasi saat ini sudah sangat berkembang pesat, kebutuhan akan teknologi computer sudah menjadi kebutuhan bagi orang banyak, karena akan  sangat membantu efisiensi dan efektivitas kegiatan hidup manusia, terutama pada kalangan eksekutif. Komputer adalah suatu alat elektronika yang mempunyai kemampuan untuk melakukan perhitungan dan membuat keputusan logika dengan waktu yang jauh lebih cepat dari yang dapat dilakukan manusia.
Teknologi komputer yang kita kenal tidak terlepas dari dua komponen yaitu : hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. “Komputer memproses data dengan  menggunakan kendali dari sekumpulan instruksi yang disebut dengan program komputer.Program computer ini memandu kerja dari komputer yang secara berstruktur yang disusun oleh orang yang disebut programmer.Berbagai peralatan terdapat di dalam suatu system komputer yang disebut dengan perangkat keras( hardware atau sering disingkat h/w), di antaranya adalah keyboard, monitor, disk, memory, dan CPU. Sedangkan program untuk menjalankan suatu computer disebut perangkat lunak (software atau disingkat s/w).dengan demikian system computer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta manusia yang mengoperasikan maupun yang memprogramnya (brainware atau sering disingkat b/w)” (Julio, 2011)

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa saja komponen utama pembangun komputer
2.      Apa Pengertian Hardware
3.      Apa saja Jenis-Jenis Hardware
4.      Apa saja macam-macam Hardware
5.      Apa pengertian Software
6.      Apa saja contoh software
7.      Apa saja jenis-jenis software
8.      Bagaimana software berbayar dan bebas
9.      Apa pengertian brainware
10.  Apa saja Komponen brainware

1.3  Tujuan
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, agar nantinya dapat menngetahui beberapa jenis dan serta fungsi dari Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan User (Brainware).


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Komponen Utama Pembangun Komputer
Sebuah sistem biasanya terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama. Begitu juga dengan sistem komputer. Agar sebuah komputer dapat dioperasikan, paling tidak komputer tersebut memiliki beberapa komponen utama yang saling terikat satu sama lain. Ketiga komponen utama tersebut terdiri dari perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan manusia/pengguna (Brainware). Jika salah satu dari ketiga komponen utama tersebut tidak tersedia, maka bisa dipastikan sebuah komputer tidak dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.
2.2  Pengertian Hardware
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

2.3 Jenis-Jenis Hardware
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.      Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2.      Perangkat keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.      Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

2.4 Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware)
1.      CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2.       Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
https://seputarilmu.com/wp-content/uploads/2018/12/monitor.jpg

3.        Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.


Keyboard

4.       Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
Mouse

5.        Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
Printer
6.       Floppy Disk
Floppy Disk (Disket) merupakan media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb. Dengan perkembanagn tekonologi yang pesat seperti sekatang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi bagi file/data yang berukuran besar. Sebab telah terdapat harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Walaupun demikian, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data berukuran ringan.
Floppy Disk (Disket)
7.      Headphone
Headphone merupakan perangkat keras untuk menghasilkan suara. Berfungsi untuk menghasilkan suara untuk didengar secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker.
Headphone

8.      Speaker
Speaker yaitu salah satu perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker ini memiliki peranan yang penting dalam mengeluarkan suatu hasil pemrosesan berupa suara.
Speaker ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh suatu perangkat yang bernama sound card.
Speaker

9.      Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
Hard disk atau hard disk drive (HDD)



10.  Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
Scanner
11.  USB Flasdiks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
Flashdisk



2.4  Pengertian Software
Nama lain dari software  disebut juga perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat disentuh oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh  dan dilihat secara fisik, software memang tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Software (perangkat lunak)  adalah sekumpulan data elektronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah .
Perangkat Lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat  dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak terwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

      2.5 Contoh Software
Ada beberapa contoh  perangkat lunak :
·         Perangkat lunak aplikasi (application software) pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti openOffice.org.
·         System operasi (operating system) misalnya Windows seven, linux.
·         Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti kompilator untuk bahasa pemograman tingkat tinggi seperti pascal dan bahasa pemograman tingkat rendah yaitu  bahasa rakitan.
·         Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang  banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu pengguna barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
·          Perangkat lunak menetap (fimware) seperti yang di pasang pada jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
·         Perangkat lunak bebas (free libre software) dan perangkat lunak sumber terbuka
·          Perangkat lunak gratis
·          Perangkat lunak pengrusak

2.6 Jenis – Jenis Software
Software secara garis besar dapat di bagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software:

1.      OS (Operating sytem )
OS adalah software yang pertama kali harus diinstal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS yaitu mengelola hardware dan software yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan akan di sampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS di sampaikan ke hardware. Misalkan kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft word. Perintah itu akan di sampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux, dan lain lain. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih banyak yang digunakan oleh masyarakat karena kemudahannya dalam mengoperasikan dan merawatnya.

2.      Aplikasi atau program
Software ini di buat  untuk tujuan tertentu. Maksud lain dari penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat di bagi menjadi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, yaitu:
a.       Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini anatara lain; Microsoft Word, Open Office, Writer dan sebagainya.
b.      Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk table dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office, Calc, Lotus dan sebagainya.
c.       Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office, Impreaa, Macromedia Flas Mx, dan sebagainya.
d.      Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Photoshop dan sebagainya.
e.       Program akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai di dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi contohnya Daceasy Accounting, Pacioli 2000, Peachtree Accounting.
f.       Program statistic
Program statistic merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistic contohnya SAS, SPSS, dan sebagainya.
g.      Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lainnya. Contohnya Carboncopy, Data Fax dan sebagainya.



h.      Multimedia
Multimedia adalah software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player contohnya Microsoft Video.
i.        Game
Game merupakan program untuk menjalankan permainan. contohnya Baseball dan sebagainya.
j.        Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai contohnya Smadav dan Avira.

Dalam aplikasi ada istilah paket program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, dan lain-lain. Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu. Microsoft office yang hanya bisa diinstall di OS windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa diinstall di beberapa OS contohnya; Mozila Firefox.

3.      Bahasa pemograman
Software in digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasanya disebut sebagai  programmer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; bahasa Assembly, bahasa fortran dan bahasa generasi ke empat. Bahasa pemograman yang biasanya dipakai saat ini adalah bahasa tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggris. Contoh software ini adalah; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dan sebagainya.


2.7    Software Berbayar dan Bebas
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam yaitu software berbayar, dan software gratis. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan aplikasi tersebut dengan cara membeli atau mebayar pada pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin pada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya System Mocrosoft Windows, Office, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta gratis di gunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis freeware “untuk di sumbangkan ke komunitas” namun juga tetap  ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki control terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan secara gratis tanpa biaya tambahan. Contoh utamanya adalah Suite Browser dan Mail Client dan Mozilla News juga didistribusikan di bawah GPL (free software).
Free software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya karena bebas untuk mencoba perangkat lunak  sumber terbuka dan di sanalah letak inti dari kebebasan; program – program di bawah GPL sekali diperoleh dapat disalin, dimodifikasikan dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi, kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware, atau adware. Klasifikasi ini memperngaruhi cara di mana program dipasarkan dan independen dari lisensi perangkat lunak dimana mereka berasal.
Perbedaaan  yang nyata antara free software dan freeware dapat dilihat dari konflik yang muncul dalam arti kata free dalam bahasa inggris yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu dan seperti yang disebutkan di awal free software tidak perlu bebas sama seperti freeware tidak harus gratis.
Share ware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur tau fungsi terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum memberi dan kemudian membeli versi lengkap dari program tersebut. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak anti virus.

2.8 Pengertian Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

2.9 Komponen Brainware
 Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1.      Operator
Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengankomputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun olehProgrammer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelumatau selama program itu berjalan.


2.      Teknisi
 Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahankomputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dansebagainya.Teknisi memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang di dalami yaitu:Network Engineer, adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Diabertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru dalam menghasilkan sesuatu yangberguna untuk bidang networking.Hardware Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologiyang lebih baik dari sebelumnya.Software Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).

3.      Trainer
            Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, danBrainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4.      Konsultan
Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalambidangnya.

5.      Project Manager
Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan di suatuproject tertentu. Sering disebut juga Mandor di proyek pembangunan.


6.      Programmer
Programmer adalah seseorang yang bertugas membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuanmenguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga dapatmemudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya Programmer juga bisa dikatakansebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasiyang akan dirancang.

7.      Graphic Designer
Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal-halberbau desain grafis serta membuat suatu objek animasi.

8.      Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Diabertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

9.      Database Administrator
Database Administrator, adalah orang yang mengelola sebuah sistem database di dalam suatu sistemtertentu.

10.  System Analis
System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisasuatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dansistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang sistem analisharus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasidengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang sistem analis untuk memahami perilakuorganisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasikemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantuseorang sistem analis untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorangsistem analis harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi,serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang sistem analis untukmengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu systemanalyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administratordan profesi sistem lainnya.

11.  System Administrator
 System Administrator, adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yangdirancang oleh System Analist dan dibuat oleh Programmer

12.   Database Engineer
Database Engineer, adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapatmengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

13.  System Integrator
System Integrator, adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh SystemAnalyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun di kemudian hari.

14.  Network Designer
Network Designer, adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkansebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan bebanpengeluaran untuk membangunnya.
15.   System Auditor
System Auditor, dan orang yang bertugas mengaudit sebuah sisem komputerisasi dan menemukankelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit tersebut dapat digunakan untukmengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

16.  User
User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi,atau surat elektronik (e-mail).


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1.      Hardware atau perangkat keras komputer adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
2.      Software atau perangkat lunak computer adalah sekumpulan data elektronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah .
3.      User atau brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer.
4.      Ketiga komponen hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi, maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa beroperasi. Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronika yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen lainnya, yaitu software dan brainware.

3.2  Saran
Disarankan mempelajari hardware dengan kemampuan yang maksmal agar dapat menggunakan komputer dan lebih menguasainya. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya untuk menghancurkan moral moral bangsa.

DAFTAR PUSTAKA









Komentar